Masih PPKM, Cek Syarat Penerbangan ke Pulau Jawa Berikut Ini

Hingga saat ini, pemerintah masih memberlakukan PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Level 2 – 4 di wilayah Jawa dan Bali. Pemberlakukan PPKM ini salah satunya mengatur tentang syarat penerbangan dari dan ke luar Pulau Jawa dan Bali. Kamu yang berencana bepergian ke Pulau Jawa dalam waktu dekat ini, pastikan untuk memenuhi syarat tersebut.

Apa Saja Syarat Melakukan Penerbangan ke Pulau Jawa dan Bali?

Bagi setiap orang dari luar Pulau Jawa dan Bali yang akan melakukan perjalanan dengan pesawat ke Jawa dan Bali, terdapat 2 persyaratan yang harus dipenuhi. Adapun persyaratan tersebut adalah bisa menunjukkan kartu vaksin, yang mana minimal telah menerima vaksinasi dosis pertama, dan juga menunjukkan hasil tes PCR negatif, yang bisa berlaku 2 x 24 jam.

Perlu diketahui juga bahwa 2 persyaratan ini tak hanya berlaku bagi orang yang datang dari luar Jawa dan Bali saja, melainkan juga untuk orang yang berangkat dari Jawa dan Bali. Oleh sebab itu, bagi kamu yang sedang berada di luar Jawa dan Bali, pastikan untuk vaksin terlebih dahulu, serta melakukan tes PCR dengan hasil negatif, sebelum membeli tiket pergi ke Jawa dan Bali.

Bagaimana dengan Syarat Penerbangan antar Daerah di Jawa dan Bali?

Tak hanya mengatur syarat penerbangan dari dan ke luar Jawa dan Bali, pemberlakukan PPKM terbaru ini juga mengatur persyaratan terbang antar daerah di dalam Jawa dan Bali. Syarat untuk bisa terbang antar kota atau kabupaten di dalam Jawa dan Bali ini, dibedakan berdasarkan dosis vaksin yang telah diterimanya.

Bagi orang yang telah menerima vaksinasi 2 kali atau dosis lengkap, maka bisa terbang dengan syarat menunjukkan hasil negatif tes antigen, yang berlaku 1 x 24 jam. Sedangkan untuk orang yang baru menerima 1 dosis vaksin saja, harus menunjukkan hasil negatif tes PCR, yang mana hasil tes tersebut bisa digunakan selama 2 x 24 jam.

Tetap Jaga Keselamatan Selama Bepergian di Masa PPKM

Bagi kamu yang harus bepergian dengan pesawat terbang ke Jawa dan Bali di masa PPKM ini, pastikan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama di perjalanan. Gunakan masker dua lapis, serta bawa selalu hand sanitizer untuk mencegah penularan virus antar sesama penumpang pesawat terbang. Patuhilah protokol kesehatan, untuk bisa tetap sehat dan terlindungi kala pandemi.

Tak hanya tiket pesawat yang perlu disiapkan sebelum bepergian ke Jawa atau Bali, kamu pun butuh menyiapkan 2 dokumen lain, yakni kartu vaksin dan hasil tes PCR yang negatif. Baiknya, penuhi terlebih dahulu 2 syarat penerbangan di masa PPKM ini sebelum membeli tiket, untuk menghindari batalnya bepergian dengan pesawat, karena syarat untuk terbang yang tak terpenuhi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *