Keistimewaan Pantai Tanah Merah di Kalimantan Timur

Bagi kamu yang tinggal di provinsi Kalimantan Timur, pasti sudah tak asing lagi dengan Pantai Tanah Merah yang eksotik ini. Terletak di Tanjung Harapan, Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, pantai ini memiliki keistimewaannya tersendiri yang akan menyihirmu untuk berlama-lama di pantai tersebut. Berikut lima keistimewaannya.

1. Ditumbuhi Pohon Cemara

Di sepanjang bibir pantai, pandanganmu akan disejukkan dengan rimbunnya pohon cemara yang tumbuh mengelilingi pantai. Selain pohon cemara, di sekitar pantai juga terdapat beberapa pohon bakau yang semakin mempercantik panorama di pantai tersebut.

Pohon cemara dan pohon bakau ini adalah spot foto favorit para pengunjung ketika menapakkan kaki di pantai tersebut.

2. Lokasi Strategis

Salah satu hal yang jadi pertimbangan ketika mengajak keluarga berlibur ialah memilih lokasi yang strategis. Pantai ini cocok banget untuk liburan bersama keluarga karena letaknya yang tak jauh dariĀ  kota Balikpapan dan mudah diakses dengan transportasi umum.

Kamu hanya perlu naik angkutan umum dengan jurusan Senipah/Handil selama satu jam perjalanan untuk sampai ke pantai ini. Karena pantai ini memiliki karakteristik yang datar dan luas, maka setelah turun dari angkutan, kamu harus berjalan kaki sejauh 800 meter untuk bisa sampai ke bibir pantai.

3. Hamparan Pasir Putih dan Jembatan Kayu

Sesampainya di bibir pantai, kamu akan langsung disambut dengan hamparan pasir putih yang lembut. Menyusuri pantai di sore hari sambil tentu akan jadi ide yang bagus. Sembari menikmati lembutnya butiran pasir menyentuh telapak kakimu, ada spot foto menarik yang tak boleh dilewatkan, yakni jembatan kayu.

Dengan latar belakang pemandangan laut lepas, berfoto di jembatan kayu ini bisa jadi kenang-kenangan yang manis usai berkunjung ke pantai ini. Selain itu, di sini ada spot untuk mencari kepiting atau kerang laut. Lokasinya sedikit menjorok di bagian tengah pantai. Uniknya, spot ini hanya ada ketika air surut. Pastikan kamu juga mengunjungi spot ini, ya.

4. Indahnya Matahari Terbenam

Usai lelah berjalan-jalan dan bermain air, kamu bisa duduk di atas pasir pantai sambil menunggu matahari terbenam. Cahaya matahari terbenam menghujani air laut dan menyulapnya menjadi kemerahan. Pemandangan ini tak boleh dilewatkan ketika kamu berkunjung ke pantai tersebut.

Jangan lupa untuk mengabadikan potret matahari terbenam di pantai ini ya. Dijamin, kamu akan selalu ingin kembali. Namun perlu diperhatikan, saat matahari mulai terbenam, air laut akan naik dan pasangan sehingga perlu berhati-hati ketika sedang bermain air di sore hari.

5. Fasilitas

Meskipun di alam bebas, kamu jangan khawatir akan fasilitas yang tidak memadai. Di Pantai Tanah Merah ini tersedia fasilitas yang lengkap bagi para pengunjung seperti WC Umum, warung makan dan minum, parkiran luas, dan banyak gazebo-gazebo kayu yang disediakan untuk pengunjung yang ingin beristirahat usai mengarungi lelahnya perjalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *