Menikmati Pesona Pantai Jumlai, Surga Tersembunyi di Kalimantan Timur

Salah satu pantai terpopuler dan tercantik di Kalimantan Timur ialah Pantai Jumlai. Terletak di Kabupaten Petung, Penajam Paser Utara, pantai ini dikenal dengan eksotisnya. Bibir pantainya yang terbentang luas dan panjang, menjadi salah satu spot favorit pengunjung kala menginjakkan kaki di pantai ini.

Jika kamu berkunjung ke Kalimantan Timur, pastikan untuk menyambangi pantai indah ini dan menikmati pesonanya. Berikut hal-hal yang perlu kamu ketahui sebelum berkunjung ke pantai ini.

Suasana yang Tenang

Berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang selalu ramai pengunjung, pantai ini malah memberikan ketenangan yang dibutuhkan untuk melepas penat dan lelah. Selain itu, rimbun pepohonan yang ada di sepanjang bibir pantai semakin menambah kenyamanan untuk berlama-lama singgah di pantai tersebut.

Suara deburan ombak yang bergerombol seakan menyihir matamu. Maka tak heran, 15 menit singgah di pantai ini akan membuatmu mengantuk dan ingin merebahkan punggung. Namun jangan khawatir, di sekitaran pantai banyak berdiri warung-warung yang menjajakan es kelapa muda dan makanan ringan.

Untuk melepas kantuk, kamu bisa memesan es kelapa muda sambil menyantap hidangan yang tersedia di warung-warung tersebut. Harganya pun cukup terjangkau yakni hanya Rp10.000,- untuk satu buah es kelapa muda yang segar.

Banyak Kegiatan Diadakan di Pantai Ini

Pantai ini jadi lokasi favorit untuk menyelenggarakan acara-acara adat, pemerintah, tradisi, hingga festival dan pentas seni. Maka tak heran, di waktu-waktu tertentu, pantai ini selalu ramai pengunjung yang ingin merasakan dan menyaksikan langsung keramaian acara.

Selain itu, di pantai ini juga terdapat berbagai wahana mulai dari banana  boat, flying fox, hingga diving. Sangat seru untuk dikunjungi saat musim liburan.

Rute Perjalanan

Rute perjalanan menuju pantai ini tidaklah sulit. Lokasinya yang tak jauh dari Bandara Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (Sepinggan) Balikpapan, membuat pantai ini jadi destinasi favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dari bandara, kamu bisa menggunakan transportasi berupa taksi menuju Pelabuhan Semayang. Kemudian, dari sana kamu bisa menumpang speed boat atau perahu klotok yang menuju ke Pelabuhan Penajam.

Selanjutnya, sesampainya di Pelabuhan Penajam, kamu harus mengendarai model atau ojek ke wisata Tanjung Jumlai. Nah, sudah sampai, kini kamu bisa menikmati panorama indah di pantai tersebut.

Fasilitas

Tak perlu mengkhawatirkan kebutuhan makan dan mandi maupun wisata  di pantai ini, karena fasilitas yang tersedia bisa dibilang cukup lengkap. Mulai dari WC umum yang mudah ditemukan, persewaan ban untuk kamu yang ingin berenang, kios-kios yang menjajakan jajan di pinggir pantai, hingga tempat ibadah.

Selain itu, di Pantai Jumlai ini juga banyak tersedia penginapan atau hotel dengan berbagai fasilitas juga harga. Jaraknya juga sangat dekat dari pantai, yakni sekitar 2km. Berwisata ke tempat ini serasa jadi lokasi yang tepat untuk liburan bersama keluarga dan sahabat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *