5 Keistimewaan Pantai Danau Salak

Jika berkunjung ke Pulau Kalimantan, pastikan kamu mengunjungi Pantai Danau Salak atau Pantai Pulau Salak yang terletak di jalur Trans Kalimantan, Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru, Kalimantan Selatan. Selain menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan, pantai ini juga memiliki banyak keistimewaan yang tak boleh dilewatkan.

1. Kawasan Pantai yang Rindang

Tak seperti pantai-pantai pada umumnya yang gersang dan panas, pantai ini dikelilingi pepohonan cemara yang tumbuh subur di sekitar bibir pantai. Selain itu banyak juga tumbuhan hijau lainnya yang menyejukan mata para pengunjung.

Tak hanya membuat suasana semakin sejuk, pohon cemara yang menjulang tinggi itu juga nyaman dijadikan tempat berteduh atau lokasi piknik saat berkunjung bersama keluarga sembari menikmati semilir angin dan indahnya panorama alam di pantai tersebut.

2. Lokasi Strategis untuk Transportasi Umum

Selain menawarkan pemandangan alam yang cantik, lokasi pantai yang berada di jalur Trans Kalimantan KM 200 ini membuatnya mudah dijangkau oleh pengunjung dari berbagai lokasi. Kendaraan umum seperti bus dan angkutanĀ  sangat mudah ditemui di pantai ini. Sehingga, jika kamu berkunjung ke pantai ini, tak perlu khawatir tak dapat tumpangan atau transportasi.

Selain itu, letaknya yang berada di tepi jalan utama, tak jarang dijadikan sebagai tempat peristirahatan ketika menempuh perjalanan jauh baik warga sekitar maupun masyarakat yang berasal dari luar Pulau Kalimantan.

3. Senja di Pantai Danau Salak

Apabila kamu berkunjung ke pantai ini, pastikan kamu tak melewatkan pemandangan senja yang indah di pantai tersebut. Sembari duduk di bibir pantai, beralaskan pasir putih dan deburan suara ombak, menjadikan panorama sunset dengan warna kemerahan di pantai ini kian menawan.

Apalagi jika kamu ke sini bersama orang-orang tersayang seperti pasangan, keluarga hingga sahabat. Tentunya akan menjadi momen liburan yang menyenangkan.

4. Ada Beragam Makanan Khas

Jangan khawatir bila kamu tak sempat menyiapkan bekal untuk disantap di pantai ini karena di sini banyak pedagang kaki lima dan warung-warung yang bertebaran di bibir pantai untuk menjajakan makanannya.

Menu-menu yang disajikan pun beragam mulai dari es kelapa muda, mi instan, jajanan tradisional hingga panganan ringan lainnya. Jangan takut menguras kantong, meskipun termasuk dalam wilayah pariwisata, harga yang ditawarkan para pedagang di sini sama murahnya dengan pedagang kaki lima yang kamu temui di sekitaran Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan, ya. Buang sampahmu ke tempat sampah yang disediakan. Ini adalah cara sederhana untuk membantu menjaga kebersihan dan keindahan pantai tersebut.

5. Wisata Ramah Anak

Deburan ombak yang kencang dan ketinggian air yang terus meningkat membuat bibir pantai di Pantai Danau Salak ini harus dibangun pembatas batu agar tidak membahayakan pengunjung. Meski begitu, kamu masih bisa menikmati jernihnya air pantai dari genangan air laut yang ada di antara pembatas dan bibir pantai. Sehingga tidak berbahaya termasuk untuk anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *