5 Keunikan Pantai Cemara Indah, Tanah Bumbu

Banjarmasin tak hanya dikenal dengan kuliner soto Banjar yang nikmat dan lezat. Namun juga keindahan wisata alam berupa pantai yang mampu menghipnotis siapapun yang melihatnya. Tak hanya menyajikan pemandangan yang elok, pantai ini juga memiliki keunikan tersendiri. Berikut ini 5 keunikan Pantai Cemara Indah yang perlu kamu tahu.

1. Dikelilingi Pohon Cemara

Seperti namanya, pantai yang terletak di Desa Pulau Salak, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Banjarmasin, ini memiliki ratusan pohon cemara yang menjulang dan rindang.

Tinggi setiap pohon cemaranya berkisar 4 meter. Adanya pepohonan cemara yang tersebar di sepanjang bibir pantai ini, kerap dijadikan tempat berteduh dan bersantai sambil menikmati suara deburan ombak yang tenang di pantai tersebut.

Selain itu, dataran di bibir pantai juga ditumbuhi rerumputan hijau yang sangat nyaman sebagai alas beristirahat di pantai tersebut. Menggelar tikar, membawa bekal, lalu piknik bersama keluarga akan jadi kegiatan yang mengasyikan.

2. Tempat Memancing Ikan

Tak hanya dijadikan sebagai lokasi wisata alam untuk bermain air, pantai ini juga kerap dijadikan tempat mancing favorit warga Banjarmasin. Airnya yang tenang membuat dijadikan kesempatan oleh banyak orang untuk mendapatkan buah tangan berupa  ikan laut segar dari pantai tersebut.

Selain itu, karena curah air laut yang semakin tinggi membuat pemerintah setempat membangun bendungan atau pembatas semen agar tidak membahayakan nyawa pengunjung. Sehingga pantai ini sangat ramah anak dan cocok digunakan untuk memancing ikan di tepi laut.

3. Lokasi Strategis

Pantai Cemara Indah memiliki lokasi yang strategis yakni sekitar 1,5 km dari dari jalur provinsi atau sekitar 7 km dari pusat Kecamatan Kusan Hilir. Sehingga sangat mudah dijangkau oleh masyarakat sekitar maupun masyarakat yang berasal dari luar Provinsi Kalimantan Selatan.

Terlebih ketika hari libur datang, seperti tahun baru sebanyak hampir 1.500 orang berkunjung ke pantai ini untuk menikmati suasana pergantian tahun yang berbeda dari biasanya. Untuk harga tiket masuk ke pantai ini dibanderol Rp10.000,- per orang baik di hari biasa maupun saat akhir pekan dan hari libur lainnya. Pantai ini buka setiap hari dan dibuka selama 24 jam.

4. Sunset yang Memesona

Jangan lupa untuk menyempatkan diri menikmati sunset atau senja di pantai ini. Semburat awan yang kemerahan berpadu dengan pantulan cahaya matahari terbenam akan menjadi momen yang tak boleh kamu lewatkan. Kamu juga bisa mengabadikan sunset tersebut dengan kamera ponselmu.

5. Pantai yang Cocok untuk Menenangkan Pikiran

Kawasan pantai yang teduh, semilir angin yang sejuk dan suara deburan ombak yang riuh membuat siapapun betah berlama-lama di pantai tersebut. Selain sebagai tujuan untuk liburan keluarga, pantai juga dijadikan sebagai tempat untuk menenangkan pikiran.

Selain itu, pengunjung yang sedikit memberikan rasa nyaman bagi kamu yang tak suka keramaian atau ingin menyendiri. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di Pantai Cemara Indah agar keindahan alamnya terjaga dan terbebas dari sampah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *