4 Kesalahan yang Mungkin Dilakukan Saat Mengajari Si Kecil Membaca

Orang tua memiliki tanggung jawab untuk mengajari si kecil agar bisa membaca. Ini menjadi salah satu tantangan yang cukup berat karena tidak semua anak tertarik untuk membaca buku. Anda sebagai orangtua perlu mencari cara agar anak mau dan tertarik belajar membaca. Cara belajar membaca ini bisa dilakukan dengan metode apapun yang sesuai dengan keinginan si buah hati.

Orangtua harus sabar dan telaten ketika mengajari anak membaca agar tujuannya bisa tercapai. Sayangnya, masih ada orangtua yang melakukan beberapa kesalahan ketika mengajari si kecil membaca. Ketidaksabaran orangtua menemani si kecil belajar membaca ini bisa mengakibatkan anak tidak mau lagi belajar membaca dan memilih untuk bermain saja.

Kesalahan Saat Mengajari Membaca

Apa saja kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi ketika mengajari si kecil membaca? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Tidak dibiasakan dengan kegiatan membaca
Yang pertama, orangtua tidak membiasakan si kecil dengan kegiatan membaca dan juga buku. Si kecil yang terbiasa dengan buku dan kegiatan membaca akan lebih mudah tertarik untuk belajar membaca. Sebaliknya, anak yang tidak pernah terpapar buku dan kegiatan membaca akan sulit untuk tertarik dengan kegiatan yang satu ini.

Cara belajar membaca yang paling pertama adalah mengenalkan si kecil dengan buku. Anda bisa memberikannya buku dengan gambar dan warna-warna yang menarik. Jika anak sudah terbiasa dengan buku, Anda akan lebih mudah mengajarinya membaca, mulai dari pengenalan huruf alfabet hingga kemudian merangkai huruf menjadi kata.

2. Mengabaikan aktivitas pra membaca
Yang kedua, orangtua mengabaikan aktivitas pra membaca. Aktivitas ini masih meliputi aktivitas pengenalan, seperti mendongeng, membacakan cerita, bernyanyi huruf alfabet, dan sebagainya. Meskipun sepele, ini merupakan aktivitas yang penting karena anak akan lebih mudah belajar jika sudah mengenal huruf terlebih dahulu. Sayangnya, masih banyak orangtua yang mengabaikan hal ini.

3. Cara yang kurang bervariasi
Kesalahan yang ketiga dan sangat mungkin terjadi adalah cara belajar yang kurang bervariasi. Si kecil mudah sekali bosan dengan aktivitas yang monoton. Karena itulah Anda sebagai orangtua harus menciptakan berbagai cara belajar membaca yang lebih kreatif dan berbeda dari biasanya. Kegiatan belajar membaca yang begitu-begitu saja akan membuat si kecil merasa bosan dan tidak tertarik lagi.

Belajar membaca tidak hanya bergantung pada buku. Jika si kecil merasa bosan dengan bukunya, orangtua bisa membelikan buku baru, atau flash card baru, atau bisa juga buku mewarnai huruf alfabet. Apapun caranya, cobalah membuat si kecil agar tertarik belajar membaca kembali.

4. Terlalu memaksakan si kecil
Yang keempat, orangtua terlalu memaksakan si kecil belajar membaca. Anda ingin anak Anda bisa membaca seperti anak-anak lainnya sehingga Anda tidak sadar menekan dan memaksanya. Ini kesalahan yang cukup fatal.

Pemaksaan tidak akan membuat si kecil tertarik belajar membaca. Karena itulah Anda sebagai orangtua harus punya cara-cara kreatif agar buah hati Anda mau belajar membaca dengan sendirinya. Ajak anak dalam momen baca bersama sekeluarga, bukan dengan memaksanya.

Nah, itulah 4 kesalahan yang mungkin dilakukan saat mengajari si kecil belajar membaca. Untuk membuat si kecil tertarik, orangtua sebaiknya memiliki cara belajar membaca yang kreatif dan tidak monoton. Jika orangtua tidak sanggup mengajari buah hatinya belajar membaca, anak bisa diikutkan dalam kursus membaca.

Budaya membaca sudah seharusnya dibiasakan sejak dini karena membaca menjadi salah satu investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang si kecil. Hal ini pula yang dipercaya oleh Tanoto Foundation yang kemudian menjadi cikal bakal gerakan #IndonesiaCintaMembaca.

Untuk menyukseskan gerakan ini, Tanoto Foundation mengajak Anda untuk ikut kompetisi berbagi momen baca bersama si kecil. Ada hadiah menarik yang menanti Anda. Kompetisi ini berlangsung hingga bulan Desember 2020. Untuk info selengkapnya, Anda bisa cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation atau di https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-hadiahnya/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *