Catat 7 Barang yang Tidak Boleh Dibawa Saat Naik Pesawat

Saat ini pesawat menjadi salah satu transportasi pilihan yang banyak digunakan terutama ketika akan bepergian dengan jarak yang cukup jauh. Namun berbeda dengan transportasi lain, sebelum naik pesawat, kamu akan melewati bagian pemeriksaan terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa ada beberapa barang yang tidak boleh dibawa saat naik pesawat.

Barang-Barang yang Dilarang di Pesawat

Larangan untuk membawa beberapa barang-barang di pesawat tentu bukan tanpa sebab. Tanpa kamu sadari ternyata barang-barang yang tidak boleh dibawa ini dapat mengganggu bahkan mengancam keselamatan penumpang lain selama di perjalanan jika berada didalam pesawat. Lalu sebenarnya, barang apa saja yang tidak boleh dibawa ketika akan naik pesawat? Ini dia ulasannya

1.      Kembang Api

Membawa kembang api dan petasan di dalam kereta atau bus mungkin tidak akan berbahaya. Namun hal ini akan berbeda jika dibawa di pesawat. Kembang api dan petasan sendiri termasuk kedalam benda yang mudah terbakar sehingga sangat berbahaya jika dibawa kedalam pesawat. Tanpa disadari, kembang api dapat memicu kebakaran di dalam pesawat.

2.      Thinner

Selain benda padat yang mudah terbakar, benda cair  yang mudah terbakar juga dilarang untuk dibawa ke dalam pesawat. Sama halnya dengan kembang api dan petasan, bahan cair seperti thinner akan sangat berbahaya dibawa karena dapat memicu kebakaran.

3.      Cat Semprot

Cat semprot memiliki kandungan bahan kimia yang mudah sekali terbakar. Oleh karena itu sangat berbahaya jika membawa cat semprot kedalam kabin pesawat karena berpotensi menimbulkan kebakaran. Selain cat semprot beberapa jenis bahan gas yang mudah terbakar seperti aerosol dan pemantik gas juga dilarang.

4.      Susu Segar

Susu segar memang tidak berbahaya. Namun maskapai penerbangan pemerintah Indonesia saat ini telah melarang calon penumpang untuk membawa susu segar ke pesawat. Hal ini dikarenakan susu segar yang dihasilkan oleh hewan akan lebih mudah terkontaminasi oleh bakteri yang dapat menginfeksi.

Oleh karena itu susu segar menjadi salah satu barang yang tidak boleh dibawa saat naik pesawat. Hal ini juga berlaku untuk produk serupa seperti keju atau daging segar yang dapat memicu perkembangan bakteri.

5.      Powerbank

Powerbank memang sangat cocok dibawa untuk bepergian karena dapat berperan sebagai baterai cadangan ketika ponselmu kehabisan baterai. Namun powerbank ternyata dapat memicu ledakan di dalam pesawat sehingga sangat berbahaya. Walaupun begitu kamu tidak perlu khawatir karena powerbank dengan kapasitas dibawah 100 Wh masih diperbolehkan.

6.      Pisau dan Cutter

Benda tajam sudah lama dilarang pihak maskapai untuk dibawa kedalam pesawat. Hal ini dikarenakan benda tajam sangat berbahaya dan dapat melukai seseorang. Apalagi di dalam pesawat kamu akan duduk berada dengan penumpang lain dengan jarak yang berdekatan.

7.      Tongkat atau Pemukul

Selain benda tajam, benda tumpul yang berbentuk tongkat atau pemukul juga dilarang masuk ke dalam pesawat. Beberapa jenisnya antara lain tongkat pemukul golf, baseball, skateboard, dan alat pancing. Walaupun tidak membahayakan pesawat, namun benda-benda tumpul ini tentu berpotensi mencederai penumpang lain yang berada di dalam pesawat yang sama.

Itulah tadi beberapa jenis barang yang tidak boleh dibawa saat naik pesawat. Oleh karena itu, sebelum melakukan keberangkatan, kamu harus memeriksa barang bawaan dengan teliti. Hal ini tentu berguna sehingga proses pemeriksaan barangmu selama di bandara tidak berlangsung lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *